Cara Membuat Nasi Liwet Solo Gurih , Begini Resepnya

Bloger Kece - Cara Membuat Nasi Liwet Solo  Gurih, Mantul

Sumber : Kompasiana.com
Assalamualaikum sobat Bloger Kece  kembali lagi bersama admin Bloger Oke sobat Bloger Kece langsung aja di artikel ini sobat Bloger Kece admin bakal memberikan Cara Membuat Nasi Liwet Solo yang gurih mantul deh pokoknya. Di artikel Cara Membuat Nasi Liwet Solo ini Bloger Kece akan memberikan informasi detail dan tentunya bermanfaat bagi sobat Bloger Kece yang hobi banget masak dan tentunya wisata kuliner. Siapa sih yang gak tau Nasi Liwet Solo ini, Makanan khas Solo ini sebenarnya udah familiar dong di telinga sobat Bloger Kece. 


Oke sebelumnya pasti ada juga dong yang gak tau makanan apa nasi liwet, terus kok Solo emang nasi liwet cuma dari Solo dan masih banyak yang bertanya tanya dong. Oke sobat Bloger Kece diartikel Cara Membuat Nasi Liwet Solo ini akan admin bahas tentang nasi liwet dulu ya sobat Bloger Kece

Oke sobat Bloger Kece langsung saja Sebenarnya nasi liwet bukan hanya makanan khas dari Solo tapi nasi liwet ini makanan yang khas dari Indonesia lah karena juga ada nasi liwet khas sunda dan daerah lain yang cukup banyak. Meskipun dari berbagai daerah tapi untuk proses pembuatan dan rasanya juga hampir sama karena makanan ini memang asli Indonesia jadi nggak jauh beda lah antara nasi liwet Solo dan daerah lain.

Kemudian mesti ada juga kan sobat Bloger Kece yang belum tau nasi liwet belum pernah coba juga wah penasaran dong tentunya. Nasi liwet sendiri sobat Bloger Kece adalah nasi yanh pada proses pembuatannya hampir mirip dengan nasi uduk Betawi yang juga menggunakan santan dan dengan proses meliwet nasi. Namun bedanya dengan nasi uduk Betawi adalah tambahan bumbu rempah yang lebih sederhana daripada nasi uduk Betawi.

Nasi liwet Solo ini sobat Bloger sangat digemari dan banyak dicari para pemburu wisata kuliner. Selain karena memiliki rasa yang gurih tambahan rempah yang lebih serta tambahan bahan pelengkap lainnya yang kemudian menjadikan nasi liwet Solo ini sangat digemari dan diburu oleh banyak orang karena memang benar rasanya mantap banget lah. Nasi liwet Solo sendiri juga memiliki ciri khas tersendiri daripada nasi liwet khas dari daerah lain yang juga tersebar di Indonesia. Pada nasi liwet Solo memiliki ciri khas  seperti tanah kelahiran makanan ini yang sangat digemari oleh masyarakat saat ini. Sebentar nasi liwet Solo asalnya di Solo dijadikan sebagai menu sarapan pagi dengan tambahan lauk.

Seiring dengan berjalannya waktu  kemudian nasi liwet Solo hingga saat ini lebih beragam bahkan saat ini tidak hanya dijadikan menu sarapan namun juga untuk makan siang atau makan malam. Nasi liwet solo tentunya telah dijanjikan ikon kota solo sebagai makanan khas yang telah dikenal dan digemari  sobat Bloger Kece.

Meskipun nasi liwet Solo merupakan makanan khas yang termasuk tradisional namun tidak menjadikan nasi liwet Solo kalah dengan makanan modern dan modifikasi makanan yang beragam saat ini. Nasi liwet Solo tetap eksis hingga saat ini dan malahan terus beragam variasi juga dengan tambahan lauk yang lebih variatif. Dalam proses pembuatan nasi liwet Solo sendiri tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan nasi  uduk khas Betawi, untuk caranya sendiri dalam pembuatan nasi liwet memiliki 2 metode atau 2 cara. 

Pertama ada yang berupa nasi aron kemudian dicampur dengan air di dalam panci hingga matang . Adapula yang di aroni dengan menggunakan bumbu setelah itu  dimasak menggunakan dandang. Bahkan sekarang untuk membuat nasi liwet  hanya dengan menggunakan rice cooker akan ebih mudah dan praktis dan efisien. Hal tersebut sangat membantu sobat Bloger Kece dalam membuat nasi liwet. Terlebih bagi sobat Bloger Kece yang ingin menyajikan menu istimewa di tengah keluarga . Hidangakan nasi liwet bersama dengan lauk pauk , sambal dan lalapan dan tentunya tambahan lauk lain seperti gorengan dan kerupuk sobat Bloger Kece agar lebih mantap.

Nah itu semua merupakan sedikit tentang nasi liwet Solo, kemudian sobat Bloger Kece langsung saja ya tanpa berlama-lama admin Bloger Kece akan memberikan Bagaimana sih Cara Membuat Nasi Liwet Solo yang khas banget dan tentunya sangat membantu bagi sobat Bloger Kece yang ingin mencoba membuat nasi liwet Solo ini. Artikel Cara Membuat Nasi Liwet Solo ini sangat berguna bagi sobat Bloger Kece yang masih pemula dan sudah suka memasak dong, Berikut ini sobat Bloger Kece Cara Membuat Nasi Liwet Solo secara sederhana mantap dan mudah sobat Bloger Kece.

Cara Membuat Nasi Liwet Solo : 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat nasi liwet khas Solo

1. Bahan Membuat Nasi Liwet

  • 500 gr beras, kemudian rendam selama 2 jam
  • ½ liter santan kental
  • 4 lembar daun salam
  • 3 lembar daun pandan
  • ½ sendok makan garam
  • 2batang serai, memarkan

2. Bahan Membuat Ayam Areh

  • Ayam Kampung dipotong menjadi 6 bagian
  • 2 sdm gula merah
  • 2 gelas air kelapa
  • 1 sdt ketumbar halus
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun salam

3. Bahan Bumbu Halus Ayam Areh

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sdt terasi
  • 4. Bahan Santan Areh
  • 1 gelas santan kental
  • 3 cm lengkuas
  • 4 lembar daun salam
  • 1/2 sdt garam

Proses membuat nasi liwet Solo

1. Membuat  Nasi Liwet

  • Beras yang sudah direndam kemudian masukan ke dalam panci
  • Selanjutnya tambahkan santan, daun pandan, daun salam , lengkuas dan juga garam. Aduk hingga semua bahan merata
  • Biarkan hingga santan meresap dan menyusut , gunakan api kecil ketika memasak
  • Setelah matang, angkat dan sisihkan

2.  Membuat Ayam Areh

  • Pertama-tama rebus ayam dengan air kelapa
  • Kemudian tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan
  • Lanjutkan dengan menambahkan daun salam
  • Biarkan hingga ayam menjadi empuk
  • Lanjutkan hingga matang, angkat dan juga sisihkan

3. Membuat Santan Areh

  • Masak semua bumbu hingga mendidih dan mengental, kemudian siram di atas ayam.
  • Sedangkan untuk saran penyajian, langkah pertama ambillah nasi liwet kemudian tambahkan ayam areh dan siram menggunakan santan areh.
Nasi liwet khas Solo ini sangat pas untuk disajikan bersamaan dengan menu makanan lainnya, seperti sayur labu siam yang ditumis dengan bumbu rempah dan juga telur pindang. Bahkan dengan tambahan sambal pedas akan menjadikan nasi liwet khas Solo ini lebih istimewa dan mantap.Bagi sobat Bloger Kece yang akan mencobanya, sobat dapat menambahkan lauk pauk favorite keluarga anda. 

Oke sobat Bloger Kece itulah tadi sedikit ulasan bagaimana Cara Membuat Nasi Liwet Solo yang sederhana dan tentunya uenak mantap dong. Janga lupa kunjungi terus Bloger Kece sobat, kami akan selalu memberikan informasi informatif dan berguna dan tentunya menghibur sobat Bloger Kece. 

Itulah tadi Cara Membuat Nasi Liwet Solo, gimana sobat Bloger Kece tertarik langsung aja dipraktekkan ya kalau kepingin, salam Bloger Kece. Wassalamualaikum W.W


Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Nasi Liwet Solo Gurih , Begini Resepnya"

Berlangganan via Email