Cara Membuat Nasi Uduk Betawi, Mantap Banget

Bloger Kece - Cara Membuat Nasi Uduk Betawi, Mantap Banget

Sumber : pinterest.com
Assalamualaikum sobat Bloger Kece, kembali lagi nih dengan admin Bloger Kece. Oke kali ini tanpa basa-basi sobat Bloger Kece , kali ini Bloger Kece akan memberikan artikel Bagaimana Cara Membuat Nasi Uduk Betawi. Oke sobat Bloger Kece langsung aja pertama kita harus tahu dulu dong emang apa itu nasi uduk.


Pasti disini sobat Bloger Kece udah pada tau dong apa sih itu nasi uduk, dari namanya saja sobat Bloger Kece pasti udah mikir kalau makanan ini berbahan dasar nasi, terus uduk maksudnya gimana. Bagi sobat Bloger Kece yang udah gak asing lagi sama nasi uduk pasti udah tau kalau nasi uduk itu adalah nasi yang diolah dengan santan sehingga memiliki rasa yang gurih dan nikmat banget deh.

Selain itu nasi uduk khas Betawi ini memang makanan yang sangat terjangkau bagi semua kalangan karena harganya yang merakyat banget dan kita dapat menemukan dimanapun. Banyak sekali yang jualan nasi uduk ada yang mangkal dan juga keliling kok. Kemudian sobat Bloger Kece tentunya nasi uduk ini dapat ditemui di seluruh penjuru tanah air karena memang nasi ini udah melegenda banget meskipun khas Betawi.

Sobat Bloger Kece oke nih langsung masuk aja nih, bagaimana sih  Cara Membuat Nasi Uduk Betawi. Mudah apa sulit sebenarnya ngebuatnya. Disini sobat Bloger Kece sudah menyiapkan Cara Membuat Nasi Uduk Betawi ,yang mudah banget gak ribet sama sekali. Cara membuat nasi uduk Betawi ini sebenarnya juga punya beberapa ciri khas sobat Bloger Kece , karena emang kalau makanan yang khas tentunya bakal diserbu pemburu wisata kuliner dong . Meskipun hanya memiliki nama nasi uduk Betawi tapi masalah popularitas udah terkenal banget lah. Nasi uduk Betawi ini sobat Bloger Kece selain memiliki rasa gurih dan enak dalam proses pengolahannya dimasak dengan campuran santan yang kental, daun serai, lengkuas,daun salam, dan nggak ketinggalan bawang goreng.

Kemudian bahan tersebut dimasak hingga matang dan tentunya sampai tanak ya sobat Bloger Kece. Nasi uduk Betawi ini sobat Bloger Kece cocok banget kalau disajikan dengan berbagai lauk pelengkap. Ada banyak sekali lauk yang bisa dijadiin pelengkap seperti telur dadar ayam goreng, tempe orek, kerupuk serta sambal dan lalapan dong sobat Bloger Kece jangan sampai ketinggalan. Untuk umumnya biasanya nasi uduk dipilih sebagai makanan untuk sarapan ya sobat Bloger Kece. Kandungan karbohidrat tentunya membuat tenaga kita kuat dong.

Banyak yang biasanya menyamakan nasi uduk dengan nasi kuning sobat Bloger Kece. Namun tentunya kedua makanan ini memiliki olahan yang berbeda. Jelas sekali dari segi warna Nasi Uduk Betawi dan nasi kuning sangat berbeda tampilannya. Nasi uduk sekilas hanya seperti nasi biasa yang umumnya dikonsumsi namun pada nasi kuning sesuai namanya berwarna kuning. Tetapi juga banyak variasi juga pada nasi uduk yang berwarna hijau dengan pewarna alami yaitu daun pandan.

Kemudian sobat Bloger Kece untuk membuatnya sendiri sebenarnya mudah lo . Disini Bloger Kece akan memberikan solusi bagaimana Cara Membuat Nasi Uduk Betawi yang mantap. Langsung aja berikut ini Cara Membuat Nasi Uduk Betawi enak, gurih dan sederhana sobat Bloger Kece. Oke lah saja ya Cara Membuat Nasi Uduk Betawi.



Cara Membuat Nasi Uduk Betawi

1. Pertama siapkan alat dan bahan ya sobat Bloger Kece

Bahan:

- 750 ml santan dari 1/2 butir kelapa
- 1 sdt garam halus
- 2 lembar daun salam
- 1 batang serai, yang dimemarkan
- 500 gr beras, rendam 30 menit di air
- 2 sdm minyak goreng
- 2 lembar daun pandan

Bahan Kering Tempe:

- minyak secukupnya
- 250 gr tempe, dipotong kecil-kecil
- 50 gr ikan teri, rendam air hangat
- 2 lembar daun salam
- 1 cm lengkuas, dimemarkan

Bumbu Halus:

- 7 butir bawang merah
- 10 buah cabai merah
- 1/2 sdt garam
- 2 sdm gula merah

Pelengkap:

- sambal kacang
- mentimun , kubis
- kerupuk
- daun kemangi
- telur dadar

Cara membuat:

  1. Untuk membuat nasi uduk, didihkan santan, masukkan daun salam, dan serai secara bersamaan.
  2.  Kemudian setelah itu masukkan beras dan minyak goreng. Masak dengan api yang kecil sambil diaduk sampai santan terserap oleh beras.
  3. Angkat, kukus bersama pandan sampai nasi masak.
  4.  masak kering tempe, goreng tempe sampai setengah matang, masukkan teri pada kering tempe.
  5.  Lanjutkan menggoreng sampai kering. Tiriskan. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus sampai harum dan matang.
  6. Masukkan tempe dan teri goreng, aduk sampai rata. Matikan api.
  7.  Sajikan nasi uduk bersama kering tempe dan pelengkap lainnya. Buat semantap mungkin sobat Bloger Kece.

Oke sobat Bloger Kece itulah tadi sedikit ulasan bagaimana Cara Membuat Nasi Uduk Betawi yang sederhana dan tentunya uenak mantap dong. Janga lupa kunjungi terus Bloger Kece sobat, kami akan selalu memberikan informasi informatif dan berguna dan tentunya menghibur sobat Bloger Kece.

Itulah tadi Cara Membuat Nasi Uduk Betawi, gimana sobat Bloger Kece tertarik langsung aja dipraktekkan ya kalau kepingin salam Bloger Wassalamualaikum W.W

Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Nasi Uduk Betawi, Mantap Banget "

Berlangganan via Email