Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning Super Mudah

Bloger Kece -Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning Super Mudah

Sumber : pixabay.com
Assalamualaikum sobat Bloger Kece kembali lagi nih dengan admin sobat Bloger Kece. Oke sobat kali ini di artikel yang admin buat ini akan membahas Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning Super Mudah . Oke di artikel Cara Membuat Nasi Tumpeng ini tent admin bakal kupas tuntas ya Cara Membuat Nasi Tumpeng yang mudah menarik dan tentunya lezat banget sobat Bloger Kece. Selain itu Bloger Kece juga bakal bahas gimana nih ceritanya asal usul nasi tumpeng sobat Bloger Kece. So tetep baca artikel ini sampai habis ya sobat Bloger Kece.


Okay nih sesuai janji admin Bloger Kece nih langsung saja ya sobat Bloger Kece pertama kita bahas apa sebenarnya sih nasi tumpeng itu kenapa ya kok bentuknya kerucut, terus warnanya kok kuning ya. Oke sobat begini penjelasannya nasi kuning sobat merupakan salah satu makanan warisan dari budaya Indonesia khususnya di bidang kuliner sobat. Nasi kuning ini merupakan makanan yang sangat khas karena memiliki ciri khas berwarna kuning dan berbeda dari nasi pada umumnya. 

Nasi kuning sesuai dengan namanya sobat Bloger Kece adalah nasi yang berwarna kuning karena dalam pembuatannya menggunakan pewarna makanan alami yaitu kunyit. Selain itu sobat Bloger Kece , nasi tumpeng juga memiliki perbedaan lain yang ada dengan nasi biasanya. 

Nasi kuning memiliki aroma yang harum dan tentunya rasanya yang gurih hampir mirip dengan nasi uduk. Selain itu nasi kuning juga tidak hanya dijadikan sebagai makanan semata namun nasi kuning juga memiliki makna simbolis khusus yang berarti.

Makna simbolis yang ada dalam nasi kuning itu adalah melambangkan  emas sebagai simbol keberuntungan , kekayaan dan kemakmuran. Oleh karena itu sobat Bloger hampir setiap ada acara besar Sobat Bloger Kece bisa dalam acara ulang tahun, peresmian perusahaan, gedung baru, pesta pernikahan ataupun upacara pembukaan tak lupa selalu menghadirkan si nasi kuning tersebut karena juga menjadi daya tarik tersendiri dalam bentuknya yang berupa kerucut. Nasi kuning merupakan makanan yang berasal dari seantero Indonesia , karena keberadaan nasi kuning ini dapat ditemui hampir di seluruh wilayah Indonesia. 

Meskipun demikian nasi kuning ini sobat Bloger Kece , orang-orang mengenal nasi kuning sebagai makanan khas dari daerah Jawa. Kemudian sobat Bloger Kece dalam penyajiannya pun nasi kuning memiliki berbagai keragaman dan inovasi yang sangat beragam. Tidak hanya disajikan seperti nasi pada umumnya. Nasi kuning itu dapat dibentuk dengan bentuk kerucut dan tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi para pemburu kuliner. Bentuk kerucut itu sendiri sobat Bloger Kece dikenal dengan tumpeng. Oleh karena itu yang menjadikan alasan nasi kuning yang berbentuk kerucut dinamakan nasi tumpeng. 

Untuk membentuknya menjadi sebuah tumpeng sobat Bloger Kece, sobat bisa menggunakan cetakan tumpeng atau membuatnya sendiri. Untuk cetakan tumpeng sendiri saat ini sudah bervariasi sobat Bloger Kece. Ada cetakan yang berbentuk seperti kue ulang tahun, bulat bertumpuk ataupun kotak bertumpuk. Ada juga cetakan yang berbentuk love atau hati.

Oke lanjut lagi sobat Bloger Kece untuk nasi tumpeng sendiri biasanya tidak disajikan hanya dalam bentuk nasi tentunya ada lauk tambahan yang juga sekaligus sebagai hiasan nasi tumpeng. Pelengkap yang biasa dijadikan untuk menghias nasi tumpeng bisa berupa mie goreng, perkedel, tempe dan tahu goreng, sambel goreng tahu, urap sayuran, telur dadar yang dipotong kecil-kecil, dan tentunya ayam opor kering super nikmat sobat. 

Karena bahan yang digunakan untuk membuat nasi tumpeng ini cukup mudah dan tidak ribet maka banyak sekali orang yang memilih untuk membuat nasi tumpeng sobat Bloger Kece. Oke sobat Bloger Kece untuk tatacara pembuatan nasi tumpeng Super Lezat ini langsung aja sobat Bloger Kece tetep baca sampai habis ya. Mudah dan praktis banget pokoknya sobat Bloger Kece.

Oke langsung aja lanjut sobat Bloger Kece tiba saatnya kita langsung bahas Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning Super Mantap ini. Oke langsung aja Inilah Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning sobat Bloger Kece.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning

A. Bahan 

  1. Beras 1 kg
  2. Santan 900 ml
  3. Kelapa tua 1 buah
  4. Kunyit 5 cm
  5. Serai 2 batang
  6. Daun salam 4 lembar
  7. Jahe 5 cm
  8. Lengkuas 2 cm
  9. Bawang merah 5 buah
  10. Daun pandan 2 lembar
  11. Garam 4 sdt

B. Cara membuat  Nasi Kuning 

Cuci hingga bersih beras kemudian rendam beras dalam air bersih.Haluskan semua  bumbu yakni kunyit,,jahe, lengkuas, bawang merah, dan garam. Bumbu yang telah dihaluskan selanjutnya masukkan  dalam santan dan aduk hingga merata.Masak santan hingga mendidih.

Buang air rendaman beras kemudian tuang santan ke beras dengan disaring. Masukkan daun salam dan serai. Rebus beras dengan kompor dan api yang sedang. Selama direbus aduk terus hingga air menyusut dan beras hampir menjadi nasi. Ketika tingkat kematangan sudah mencapai . 

Ambil daun salam dan serai dari dalam beras yang hampir matang.Siapkan panci untuk mengukus, rebus airnya dulu.Masukkan nasi ke dalam panci pengukus.Tambahkan daun pandan pada panci .
Kukus nasi hingga benar-benar masak dan tanak .

Jika ingin membentuk nasi, tunggu dulu hingga dingin. Biarkan nasi dingin dengan sendirinya hingga benar-benar dingin.Untuk membentuk nasi kuning menjadi tumpeng, sobat Bloger Kece bisa membentuknya sendiri atau dengan menggunakan cetakan tumpeng.

C. Langkah dan Cara Membuat Hiasan Tumpeng Nasi Kuning

Sediakan tampah  bambu sebagai alas tumpeng. Alasi tampah bambu menggunakan daun pisang. Kemudian untuk pinggirannya, buatlah segitiga lancip yang terbuat dari daun pisang.Hiasi sekeliling tampah menggunakan kacang panjang.Nasi kuning yang sudah dibentuk sesuai dengan keinginan taruh di tengah-tengah tampah sobat Bloger Kece. 

Selanjutnyaya sobat Bloger taruh lauk di sekitarnya. Untuk menghias tampah tumpeng lingkari dengan lauk pauk. Kemudian caranya adalah dengan menguliti kulit tomat secara hati-hati dan melingkar. Jangan sampai kulit tomat terputus. Kemudian bentuk kulit yang sudah dipotong hati-hati itu membentuk bunga mawar. Taruh hiasan pada tempat yang menurut sobat Bloger Kece  untuk mempercantik tampilan nasi tumpeng sobat Bloger Kece


Sobat juga bisa membuat hiasan bunga ini dengan menggunakan cabe merah atau tomat. Potong cabe merah seperti membuat gurita. Sobat Bloger Kece bisa menggunakan inovasi sobat Bloger Kece untuk membuat hiasan yang indah dan dapat mempercantik tampilan nasi kuning yang sobat buat. Kemudian setelah semua selesai menghias letakkan lauk tambahan dan tentunya buat seindah mungkin.

Oke sobat Bloger Kece itulah tadi sedikit ulasan bagaimana Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning Super Mantap yang sederhana dan tentunya uenak mantap dong. Janga lupa kunjungi terus Bloger Kece sobat, kami akan selalu memberikan informasi informatif dan berguna dan tentunya menghibur dan memberikan kemudahan sobat Bloger Kece. So selalu kunjungi blog kami sobat, jangan sampai ketinggalan ya.

Itulah tadi Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning Super Mantap sobat, gimana sobat Bloger Kece tertarik langsung aja dipraktekkan ya kalau kepingin, salam Bloger Kece. Wassalamualaikum W.W







Tidak ada komentar untuk "Cara Membuat Nasi Tumpeng Kuning Super Mudah"

Berlangganan via Email